Sunday, April 20, 2014

Kuliner di Bandung

Kalau ngomongin Bandung, pasti deh yang teringat pertama kali adalah makanan-makanannya (selain factory outlet yaa). Banyak banget jenis makanan khas di Bandung dan resto-resto yang asik untuk dikunjungi.

Kebetulan saat long weekend kemarin saya dan suami berkesempatan ke Bandung, kami colong start, alias sudah di Bandung dari Kamis, padahal long weekend mulainya Jumat :p. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya kami ke Bandung, bahkan honeymoon pertama kali setelah nikah dulu pun di Bandung. Tapi sepertinya baru kali ini kami mencoba berbagai kuliner menarik di bandung. 

Di postingan ini saya mereview seluruh tempat yang kami datangi untuk mencoba makanannya. Tapi akan ada beberapa tempat yang akan di review sendiri, karena tempatnya menarik dan banyak yang bisa di share dari tempatnya :D

Jadii, inilah beberapa makanan yang kami cicipi selama di Bandung. Yang saya share disini makanan-makanan favorit dari setiap resto/tempat makannya saja :D


Bakso Mang Udin


Ini bakso kayaknya terkenal banget dikalangan temen-temen gw. Banyak banget yang ngebahas bakso mang udin sampe gw pun penasaran kayak apa sih bakso mang udin yang terkenal ini. Sebenarnya ini sih bakso biasa, tapi ada bakso gorengnya aja dan ada mie kriuknya alias mie kering. 1 porsi harganya Rp 15.000. Agak mahal sebenarnya sih untuk harga bakso di Bandung, tapi rasanya enak koq. Dan bakso mang udin ini masih pake gerobak dorong kayak gerobak abang tukang es cendol (bukan gerobak bakso) tapi ada ruko kecil untuk tempat makannya. Dan kalau udah siang ke sore, ini bakso udah abis. Jadi harus pagi-pagi datengnya. Pernah lewat jam4-5an udah ga ada lagi gerobaknya.

Bakso Mang Udin ini adanya di Jalan RE Martadinata. Sederetan sama kantor pos, disebrangnya Heritage Factory Outlet dan persiiiss di sebelahnya Kuyagaya. Recommended!!


Cuanki Serayu

Cuanki ini sebenarnya bakso juga. Tapi agak sedikit beda dari bakso kebanyakan. Karena ada bakso goreng dan siomaynya. Ini sih favorit bangett lah buat saya. Sampe sekarang udah di jakarta aja masih kebayang-bayang cuanki serayu. haha. Ini seporsinya Rp 12.000 dan isinya 6pcs.

Lokasi utamanya ada di Jalan Serayu no.2. Tapi disini tuh penuh banget dan antri panjang. Tapi cuanki serayu ini ada cabangnya di Jalan Mangga (ga tau nomor berapa, yang jelas gak terlalu jauh dari Jalan Serayu). Yang di Jalan Mangga ini lebih enak sih, gak terlalu penuh. Katanya ada juga cabangnya di Jalah Cihapit, tapi ini beneran cuma gerobak dan tenda aja. Daannn, lagi-lagi datengnya harus pagii ke siang. Hari terakhir di Bandung saya datang sekitar jam5 niatnya mau bawa pulang ke Jakarta taunya sudah habisss, baik yang di Serayu atau di Mangga. huhuhu. MUST TRY!!


Kafetaria 170


Kafetaria 170 ini kita pilih untuk makan malam karena lokasinya kebetulan ga jauh dari Hotel tempat kita nginep. Jenis makanannya banyak. Tapi favorit kita adalah Dimsum Udang Salad. Ini enyaaakk buat cemilan. Untuk makanan utamanya kita pesan yang lain, tapi nanti dibahas sendiri aja ya. karena banyak hal menarik tentang resto ini. Recommended!!

UPDATE: Review lebih lengkap bisa baca disini


The Kiosk Pasar Dago

Salah satu tempat yang disarankan untuk dikunjungi di Bandung adalah The Kiosk. Disini ada berbagai macam makanan khas Bandung. Banyak banget pilihannya. Dan yang jadi favorit katanya sih Iga Bakar si Jangkung. Jadilah saya nyobain itu. Enaakk. Dan lagi-lagi tentang the Kiosk Pasar Dago ini akan dibahas dipostingan lain yaa :). Recommended!!


Mamah Eha

Saat saya bertanya di Path ke teman-teman di Bandung, tempat makan apa yang harus didatengin, beberapa orang merekomendasikan Mamah Eha. Pass banget waktu mau jalan ke The Kiosk ngelewatin Mamah Eha dan dari luar sepertinya sih menarik untuk dikunjungi. Jadilah keesokan harinya saya dan suami makan siang di Mamah Eha. Favoritnya adalah Pulut Negro Strawberry, sebenarnya yang lebih favorit Pulut Mango. tapi mangganya lagi ga musim, jadi ga ada. huhuhu. Mau tau makanan lainnya di mamah eha? tunggu di postingan berikutnya ya :D Recommended!!


Origin


Sebelum balik ke Jakarta, kami memutuskan makan malam dulu di origin di Jalan Sumatra. Dan ternyata pilihan yang tepat. Tempatnya enak dan yang penting makanannya pun enaakk. Buntut Gorengnya mantaaapppp. Makanan lainnya pun enak-enak. Mau tau apa aja dan gimana uniknya tempat makan yang satu ini? akan dibahas dipostingan berikutnya yaaa. MUST TRY!!

Selain ke tempat makan, kami juga mampir ke beberapa Factory Outlet, diantaranya Rumah Mode, Heritage yang sebelahan sama Cascade. Plusss Widely Project. Widely Project ini seperti Goods Deptnya Bandung. Isinya baju-baju dari brand local. Layout tempatnya juga mirip-mirip Goods Dept. Dan dia satu tempat sama resto namanya Fabrik. Recommend to visit :)

Overall, we're happy with our quick escape to Bandung :)


6 comments :

  1. maauuu semua, kayaknya enak2 ya :D

    ReplyDelete
  2. Eaaa *jitakjitak kepala sendiri* ini yang tiap bulan pulang ke bandung kemana aja ya selama ini.
    Pokonya next basonya mang udin deeh xD

    ReplyDelete
  3. gle cuanki serayuuuu.. jadi bikin kangen banduunnggg..

    fikakarunia.wordpress.com

    ReplyDelete

Back to Top