Monday, January 23, 2017

Itinerary Japan Escape 9 Hari 8 Malam

Akhirnya mood nulis blog datang juga dan inilah postingan yang ditunggu-tunggu banyak orang :p. haha. Tadinya mau nulis rekap perjalanan seperti yang saya tulis untuk london escape di blog mrsdelonika, tapi kalau nulis yang seperti itu akan lebih lama karena pakai foto dan ceritanya pun sedikit lebih detil. Jadi biar cepet, saya tulisnya yang bentuk itinerary dulu aja :)

Jadi, saya berangkat dari Jakarta tanggal 5 Januari malam, dan balik ke Jakarta lagi tanggal 14 Januari. Karena berangkatnya malam saya sampai di Jepang, tanggal 6 Januari, dan total di Jepang selama 9 hari, dimana hari ke 9 pulang ke Jakarta.

Sebenarnya ini trip yang agak mendadak. Tiket pesawat baru dibeli sekitar 2-3minggu sebelum keberangkatan. Tepatnya setelah saya dan suami balik dari Lombok dalam rangka 6th Anniversary Trip. Tadinya pengen pas anniversary ke Jepang, tapi saat itu tiket pesawat mahal-mahal banget, makanya kita ubah rencana ke Lombok dan nanti trip ke Jepangnya diatur lagi antara Januari atau Februari. Ternyata pas cari-cari tiket, kita nemu yang harganya cukup oke lewat instagram @tiketapa (semoga gak salah ya. soalnya yang urusan cari tiket pesawat bagian pak suami). Untuk 2 tiket PP Jakarta-Tokyo pakai Japan Airlines (JAL), kami dapat sekitar Rp 13,5jtan. Tentunya kalau beli dari jauh-jauh hari atau pas lagi travel fair bisa lebih murah. Berhubung kami carinya dadakan, jadi harga segitu udah cukup oke lah.

Berhubung waktu udah mepet, jadi susun itinerary pun agak buru-buru dan 2minggu sebelum keberangkatan saya bener-bener menghabiskan waktu banyak di depan laptop untuk googling macem-macem tentang Japan trip. hehe. Dan berhubung pesawatnya Jakarta-Tokyo-Jakarta, jadi saya harus menyusun itinerary sedemikian rupa biar gak habis waktu dijalan. Karena kalau memungkinkan, paling enak sih sampai dan balik dari kota yang berbeda. Misalnya sampai di Osaka, balik dari Tokyo, atau sebaliknya.

Dan inilah itinerary yang berhasil saya buat dalam waktu yang cukup mepet. Tentunya dari itinerary ini ada perubahan pas hari H. Untuk perubahan-perubahannya akan saya update di cerita rekap japan escape ya. Jadi postingan ini lebih ke itinerary yang jadi panduan saya selama di Jepang :)

Day 1 (6 Januari 2017) : Tokyo - Osaka
- Sampai Narita Airport jam6 pagi, langsung lanjut ke Osaka naik shinkansen
- Sampai Osaka kira-kira siang jam2-3an dan check in di Remm Shin-Osaka Hotel
- Jalan-jalan di Dotonburi

Day 2 (7 Januari 2017) : Osaka
- Full day di Universal Studio Japan
- Kalau memungkinkan malamnya ke daerah Dotonburi, Shinsaibashi lagi

Day 3 (8 Januari 2017) : Osaka - Kyoto
- Jalan-jalan di Osaka, ke Osaka Castle, Tenmangu Shrine, Umeda Sky Building
- Ke Kyoto naik shinkansen
- Check in di Ebisu Ryokan
- Nyobain Onsen di Kurama (tadinya ini gak masuk itinerary, tapi diracunin sama Talitha kalau harus coba onsen, dan talitha kasih link blognya tesya tentang pengalaman onsen di kurama. Makanya ini jadi masuk itinerary. hehe)
*tapi kenyataannya itinerary hari ini berubah total karena seharian hujan di Osaka dan Kyoto. Termasuk batal cobain onsen di Kurama

Day 4 (9 Januari 2017) : Kyoto
- Day trip di Kyoto. Object yang rencananya mau dikunjungi Kiyomizudera Temple, Fushimi Inari, Arashiyama Bamboo Groove, Golden and Silver Temple. Banyak list tempat yang mau dikunjungi, pokoknya seharian jalan-jalan di Kyoto
- Hari ini juga waktunya untuk sewa kimono couple.
*Ujung-ujungnya hari ini cuma bisa ke Kiyomizudera Temple dan Fushimi Inari karena pakai kimono menghabiskan waktu 1jam lebih dan kita nyasar karena telat turun kereta. haha. Tapi hari ini juga ada sesuatu yang tidak ada di itinerary awal jadi ada, yaitu cobain onsen di Fufu no yu, Arashiyama. Rekomendasi resepsionis di Ebisu Ryokan :)

Day 5 (10 Januari 2017) : Kyoto - Kanazawa - Shirakawago - Takayama
- Hari ini hari paling riweh, hectic, dan ribet karena harus pindah-pindah kota dengan bawa koper.
- Tujuan utamanya adalah shirakawago. Tapi untuk ke shirakawago harus naik kereta ke Kanazawa dari Kyoto. Dan dari Kanazawa naik bis ke Shirakawago
- Sekitar jam5-6 sore menuju Takayama dari Shirakawago untuk nginep semalam sebelum lanjut ke Tokyo.
- Check in di Country Hotel Takayama.

Day 6 (11 Januari 2017) : Takayama - Tokyo
- Jalan-jalan di Old Town Takayama
- Naik kereta ke Tokyo
- Check in di Sunroute Plaza Shinjuku (ini rekomendasi dari Afra yang pernah nginep disitu)
- Jalan-jalan sekitar shinjuku atau shibuya

Day 7 (12 Januari 2017) : Tokyo
- Tokyo Disney Sea
*harus tukeran jadwal sama day8 karena hari ini kita telat bangun pagi. haha

Day 8 (13 Januari 2017): Tokyo
- Tokyo city tour and shopping time. Jalan-jalan ke asakusa, akihabara, harajuku, shinjuku, shibuya.
Berhubung kita udah berencana gak belanja selama di osaka dan kyoto, karena gak mau koper nambah dulu, soalnya kemana-mana kan harus naik kereta. Makanya Tokyo dimasukin ke itinerary akhir-akhir yang memang tujuannya lebih ke belanja dan beli oleh-oleh. Sedangkan di kota sebelumnya lebih jalan-jalan liat kotanya. hehe
*seperti dibilang diatas itinerary day 7 dan day 8 jadi dituker.

Day 9 (14 Januari 2017) : Tokyo - Jakarta
- Morning photo session sama photografer di Tokyo, @michaelbryantng (sebenarnya michael orang indonesia juga, tapi dia udah hampir 10tahun tinggal di Jepang). Kita belum pernah foto yang emang niat pakai fotografer. Biasanya kalau jalan-jalan selalu mengandalkan tripod. Jadi pengen cobain photosession sama fotografer dan kebetulan fotografernya cuma available hari terakhir kita di Tokyo. hehe.
- Jam12 siang kita bergerak menuju bandara narita dan terbang balik ke jakarta dengan flight di sekitar jam6 sore waktu Jepang.

Dan selesaiii juga utang postingan itinerarynyaa. Seperti yang saya bilang ini garis besarnya aja. Banyak yang akhirnya berubah dari itinerary yang udah disusun. Dan abis ini nanti saya akan tulis rekap perjalanannya yang lebih detil dan juga tentang perubahan-perubahan dari itinerary yang sudah disusun. Mostly, perubahan terjadi karena kita telat bangun dan mulai jalan-jalannya udah agak siang atau karena cuaca atau karena nyasar. hahaha

Semoga bermanfaat yaa itinerarynyaa :)

1 comment :

1. Seru banget kayaknya yaaaa,hahaha. Menunggu cerita fika selanjutnyaaa..dan itu meni keren yak pake fotografer segalaaa,hahaha.