Tuesday, March 21, 2017

Makanan Halal Di Osaka, Jepang

Setiap kali traveling ke luar negeri, masalah makanan halal selalu jadi persoalan. Karena memang susah-susah gampang untuk cari makanan halal. Sebisa mungkin memang saya selalu cari yang ada logo halalnya atau ada tulisan muslim friendly dan semacamnya. Tapi kadang lokasi tempat makannya agak jauh dari tempat yang akan dituju. 



 Di Jepang, bisa dibilang makanan andalan saya adalah onigiri yang bisa dibeli di family mart yang ada di mana-mana. Tapi pilih onigiri pun jangan asal, saya dan suami mengandalkan aplikasi google translate untuk cek kandungan makanannya. Dan ternyata ada onigiri yang menggunakan sake. Sempat tergoda pengen coba beli dorayaki kayak makanan favoritnya doraemon, ternyata pas dicek kandungannya juga ada sakenya. Jadi batal deh. 




Pertama kali sampai di Osaka, kami kelaperan karena udah jam1 siang dan terakhir makan di pesawat. Jadi pas sampai di Shin-Osaka stasiun, kami pun cari makan. Saya sering lihat dari postingan teman-teman yang ke Jepang, mereka beli Bento Box di stasiun. Dan kamipun coba beli. Pas milih mau bento box yang mana asli lamaaa banget. Karena bener-bener pengen pastiin kalau makanannya halal atau paling tidak, tidak mengandung sesuatu yang haram untuk dikonsumsi. Ada kali setengah jam kita galau pilih bento box yang mana. Sampai akhirnya suami pilih bento box vegetarian dan saya yang fish only. Kami makan bento boxnya di kamar hotel. Alhamdulillah enak. Atau emang karena kami udah kelaperan ya. haha


Malam harinya kami ke daerah Dotonburi untuk jalan-jalan dan cari makan. Kembali kami galau mau makan apa. Saya coba cari di google "halal food in Osaka". Dan ada satu restaurant yang lokasinya dekat dengan tempat kami, namanya Creo-Ru, tapi pas kita ke tempatnya tidak ada tulisan halal friendly sama sekali. Nanya ke yang jaga pun mereka keliatan bingung. Akhirnya kami pun batal makan disitu dan kembali mencari tempat lain sampai akhirnya gak sengaja liat ada tempat makan dengan logo "no pork" dan mereka nempelin sertifikat "muslim friendly restaurant".

Tori Dining Tsuki No Odori





Lokasi restaurantnya ada di lantai 2 dan kalau lihat tempatnya, kami sudah berpikir ini sepertinya bukan makanan yang cukup murah. Tapi karena sudah halal certified jadi gak masalah lah mahal dikit yang penting aman. Kami mendapat tempat makan yanng diruang private gitu, karena ada pintu dorongnya. Sebenarnya tidak semua makanan di restaurant ini halal, tapi mereka menyediakan buku menu khusus untuk makanan halal. Dan mayoritas pilihan makanannya adalah ayam. Saya lupa nama menu yang dipesan apa, tapi kami pesan makanan yang 2 porsi dan ternyata isinya banyak. Jadi ada yang di take away dan dimakan buat sarapan. hehe

Restaurant ini cukup recommended. Makanannya enak. Tempatnya bagus. Dan dia juga menyediakan praying area buat yang mau shalat. Pelayanannya pun bagus. Karena tau kami Muslim, pelayannya memberikan kami "Osaka Map For Muslims" dimana disitu ada list tempat makan halal di Osaka, tempat shalat, masjid, dan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi.Sayangnya kami di Osaka cuma sebentar, karena emang tujuan utamanya adalah mau ke Universal Studio Jepang. Jadi gak sempat eksplor banyak tempat makan halal di Osaka. Bahkan, Tsuki No Odori ini adalah satu-satunya tempat bersertifikasi halal yang coba di Osaka.

Food Stall: Okonomiyaki, Tempura, Kobe Beef





Di Jepang banyak banget stall makanan di pinggir jalan yang sudah pasti gak ada logo halalnya. Tapi jujur saja saya ada coba makan 3 makanan yang dijual di food stall itu setelah memastikan mereka cuma jual itu aja di tempatnya, tidak jual sesuatu yang mengandung babi, jadi proses masaknya tidak dicampur. Ada teman yang saya tau memang sangat strict untuk makanan halal. Kalau saya sendiri memang berusaha mencari yang sehalal mungkin. Tapi selebihnya ya "bismillah" semoga makananannya halal dan berkah.

Btw, Osaka Map for Muslims bisa download disini. Atau saat tiba di Osaka, cari information centre terdekat dan minta map for muslimsnya :)

No comments :

Post a Comment

Back to Top