Wednesday, March 22, 2017

Rekap London Escape 2016 - 10hari 9malam

Postingan ini sebenarnya sudah dishare di blog mrsdelonika. Tapi karena travel blog ini diaktifin lagi, jadi rasanya cerita tentang London Escape tahun lalu harus ada disini. Masih banyak banget cerita tentang London yang belum saya share. Semoga ada kesempatan untuk share di Escape Plan blog yaa.

***


Mood ngeblog lagi bagus nih, jadi mari kita ngeblog lagi. Kali ini saya cuma mau rekap singkat tentang #dnflondonescape2016 kemarin, biar kalau nanti-nanti mau ada yang diceritain gak lupa. Kalau dari postingan ini, saya bilang kalau mau jalan-jalan tanpa tour harus bikin itinerary detil. Tapi ternyata pas ke London kemarin gak berhasil bikin itinerary, karena kebanyakan yang pengen dikunjungi dan kita jadi cuma list tempat-tempat yang pengen di datangin dan sesuaiin jadwal selama di London. 


London trip ini spesial banget buat kami berdua. Udah sejak lama saya dan suami bermimpi untuk jalan-jalan ke London. Mungkin karena kita sama-sama suka tim sepakbola Inggris kali ya. Soalnya ntah kenapa saya memang lebih pengen ke London daripada Paris atau Itali yang katanya lebih romantis. haha. Saya bahkan beli passport cover yang gambarnya Big Ben dan pernah post di path tahun 2014 bilang "Sekarang passport covernya dulu yang London, semoga yang punya paspornya bisa beneran ke London." Alhamdulillah itu jadi kenyataan di tahun 2016. 

Buat sebagian orang, termasuk banyak teman-teman saya, mungkin ke Eropa dan negara-negara yang nun jauh disana bisa dengan mudah, bahkan ada yang bisa kesana setahun 2-3x. Buat saya dan suami, itu tadinya cuma mimpi yang kita gak tau kapan akan bisa jadi kenyataan. Karena memang begitu ada tabungan, tujuan utama kita adalah ke Mekkah dan Madinah dulu, untuk umroh. Berhubung di akhir 2014 sudah umroh berdua sama suami, jadi begitu ada rejeki lagi, kita gak merasa bersalah untuk mengunjungi negara lain dan melihat dunia. Tadinya kepikiran mau jalan-jalan ke Jepang, karena mikir kalau masih Asia mungkin lebih murah, tapi pas lihat-lihat di Garuda Travel Fair 2015, ternyata tiket ke London lebih murah, jadilah tanpa ragu kita pilih London. 

Saya dan suami berangkat dari Jakarta tanggal 5 Februari 2016 nyaris tengah malam, dan sampai di London pagi sekitar jam10 tanggal 6 Februari 2016. Balik dari london tanggal 15 Februari 2016 pagi menjelang siang, dan sampai di Jakarta siang keesokan harinya. Jadi bisa dibilang kami di London selama 9 hari. karena hari 10nya langsung ke airport pagi-pagi. 

Pas susun itinerary London, saya ketemu banyak web yang menawarkan berbagai one day tour, terutama ke kota-kota sekitar London yang tidak kalah cantiknya. Ada juga one day tour ke Edinbrugh (4-6jam naik kereta dari London), dan bahkan ada one day tour ke Paris. Sempat kepikiran mau ikutan one day tour yang ke Edinbrugh karena katanya itu seperti negeri dongeng, tapi terpaksa batal karena yang di London aja masih banyak yang mau kita datangin. haha. Kalau baca itinerary orang ada yang cuma 3-4hari di London cukup, buat kami 9 hari di London masih kurang. hahaha

Dan inilah rekap 9 hari di London. Berhubung lagi winter jadi jam 7-7.30 pagi baru mulai agak terang dan jam 5-5.30 sore udah mulai agak gelap. Jadi waktu jalan-jalan dan foto-fotonya berasa super singkat.

DAY 1 (Tower Bridge&Tower of London - Harrods dan sekitarnya)


- Sampai di Gatwick Airport sekitar jam 10 waktu London. Ambil bagasi dan beli oyster card dan sim card London, akhirnya jam 12 siang kami baru ke stasiun keretanya. Dan kami naik Southern Rail ke London Bridge. Dan memakan waktu sekitar 1jaman.
- Sampai di London Bridge Station berusaha mencari jalan ke airbnb tempat kita menginap. Di keterangannya dibilang cuma 7menitan, tapi karena clueless dan pas banget lagi ada perbaikan di London Bridge Station kami jadi nyasar-nyasar dan memakan waktu sampai 1 jam untuk jalan ke apartmentnya. Untung apartmentnya super nyaman dan melebihi ekspektasi, jadi tetap happy.
- Setelah istirahat untuk selonjoran dan bersih-bersih plus ganti baju, kami memutuskan untuk jalan ke Tower Bridge dan Tower of London, sambil ketemuan sama teman saya, Putri, yang sudah hampir 3-4 tahun terakhir tinggal di UK.
- Sekitar jam7an tadinya kita berencana mau ke whitecapel karena saya baca di salah satu blog (lupa blog apa) ada mesjid dan jalannya gak terlalu jauh. Tapi ternyata jauhh dan akhirnya berubah haluan jadi ke Knightbridge untuk liat the famous Harrods. Saya gak gitu tertarik belanja di Harrods, jadi ya cuma liat-liat aja. Satu jam di sana dan sekitarnya, kami sudah bosan, dan akhirnya memutuskan untuk ke tempat lain.
- Toko-toko di London rata-rata tutup jam8, jadi ya bingung mau kemana akhirnya kita ke Starbucks buat beli kopi dan tumblr. 
- Jam9an udah jalan balik ke apartment buat istirahat.

DAY 2 (Westminster Abbey - Buckingham Palace - Harry Potter Tour)


- Sekitar jam8 pagi udah jalan dan tujuan pertamanya adalah ke Westminster, lihat Bigben, House of Parliament, dan tentunya Westminster Abbey yang jadi tempat pernikahannya Pangeran William dan Kate Middleton. Berhubung kami kesananya hari minggu jadi tempatnya dipakai untuk ibadah dan gak bisa masuk kedalam. Tapi memang tujuan kami cuma mau foto dari luar aja sih, sebagai bukti kalau udah pernah kesana ;p haha
- Lanjut ke St. James Park dan Buckingham Palace untuk lihat changing guard yang mulai jam 11.30 apa 11.45 gitu, tapi tempatnya udah rame dari jam 11 kurang. 
- Tadinya mau jalan ke hyde park dan trafalgar square, tapi udah hampir jam1 dan kita harus udah menuju ke Warner Bros Studio buat Harry Potter Tour. kita udah beli tiker tour secara online untuk jam 15.30, dan disarankan setengah jam sebelum sudah sampai untuk penukaran tiket. Dan perjalanan dari London ke Warner Bros Studio katanya bisa memakan waktu 1-2jam. Jadi daripada telat ikut tour, kita pun langsung ke underground terdekat (Green Park Station) dan menuju Paddington untuk naik kereta ke Watford Junction. Dari Watford Junction naik bis lagi untuk ke Warner Bros Studio. Agak panjang perjalanannya yaa. Detilnya mudah-mudahan bisa dipost dipostingan khusus.
- Kita sampai di Warner Bros Studio sekitar jam setengah 3 dan mulai masuk jam setengah 4. Katanya sih didalam umumnya pada menghabiskan waktu 3jam, tapi kami baru selesai mepet jam stgh10 sebelum tutup dan sebelum bis terakhir. haha. Itupun berasa kurang, diburu-buru. haha

DAY 3 (Chelsea Stadion Tour - Selfridges Oxford Street)


- Tujuan utama hari ini adalah Stamford Bridge, yaitu stadionnya Chelsea, karena kita sudah booked tour untuk jam11 siang. Jadi dari apartment tujuannya langsung ke Fulham Broadway. 
- Rencananya dari Chelsea kita bakal naik Bus Hop On/Hop Off untuk keliling kota London, dan sudah dipesan juga tiketnya secara online. Tapi ternyata suami saya berasa ketemu "surga dunia" jadi kita baru kelar dari Chelsea jam5 sore! hahaha. yess, kita di chelsea dari jam10 pagi sampai jam5 sore. Lebih lama dari di studio Harry Potter. hahaha. Padahal stadion tournya sendiri cuma 1 jam. Tapi lama di Mega Store dan Museumnya. Jadilah tiket hop on/hop off yang sudah dipesan batal digunakan.
- Berhubung keluar dari Chelsea sudah agak sore, akhirnya kita memutuskan untuk ke Oxford Street dan ke Selfridges. Setelah suami senang, saatnya istri belanja skincare. haha. Saya menghabiskan waktu hampir 2jam untuk lihat-lihat dan pilih-pilih skincare di Selfridges.
- Balik ke apartment dan salah pilih jalur pulang. Akhirnya mesti jalan sampe setengah jam untuk ke halte bus. Ya itung-itung lihat-lihat kota London. haha

DAY 4 (Hop On/Hop Off - Hyde Park Corner/Wellington Arch - Hard Rock Store - Natural History Museum - Thames River Cruise at Westminster - Primark)


- Akhirnya nyoba Hop On/Hop Off dan menuju ke Hyde Park Corner karena di dekat sana ada Hard Rock Store dan suami mau beli kaos Hard Rock London. 
- Lanjut ke Natural History Museum (baguusss dan gede banget museumnya. Plus FREE of charge)
- Tadinya dari Natural History mau ke Science museum dan Victoria&Albert Museum yang letaknya sebelah-sebelahan, tapi berhubung mau ngejar ke Thames River Cruise, jadi jam setengah 5 kita udah menuju Westminster Pier.
- Foto-foto di depan Big Ben dan London Bridge sambil nunggu jadwal River Cruise. Sengaja ambil jadwa; yang paling akhir, biar sempat foto-foto dulu. hehe
- Naik Thames River Cruise dari Westminster Pier ke London Bridge Pier (ini gratisan dari beli tiket Hop On/Hop Off, makanya dibela-belain. haha)
- Tadinya galau antara mau langsung balik apartment atau lanjut ke tempat lain, karena London Bridge Pier udah dekat sama apartment. Tapi karena masih jam setengah8an, kamipun memutuskan untuk ke Oxford Street lagi, tapi kali ini tujuannya Primark. Yup, belum sah ke london kalau belum belanja di Primark. hehe. 
- Balik ke Apartment. Ternyata ada jalur yang lebih cepat dan lebih dekat jalannya. Gak seperti hari sebelumnya. 

DAY 5 (Seharusnya one day tour Windsor - Stonehenge - Bath. Tapi jadi Windsor - Science Museum - Victoria&Albert Museum - Picadilly Circus - Oxford Street)


- Alasan kenapa berubah jadwal adalah karena KAMI DITINGGAL TOUR di Windsor. haha. Jadi guidenya bilang kumpul lagi di bis jam eleven FIFTEEN tapi kami dengarnya eleven FIFTY. haha. Jadilah setelah jalan-jalan di windsor castle yang bagussss banget dan ditinggal tour, kami terpaksa beli tiket kereta balik ke London. Untung tempatnya dekat dengan stasiun kereta.
- Sampai di London tadinya bingung mau kemana, mau lanjut hunting skincare (karena ada beberapa tempat yang mau saya datangi. haha) atau jalan-jalan dulu. Akhirnya memutuskan untuk ke Science Museum yang menjadi favoritnya suami dan gak dapet liat semua karena emang gede banget plus kita ngejar ke museum seberangnya, yaitu Victoria&Albert. Di V&A pun cuma bisa lihat-lihat sebentar banget karena kami masuknya kesorean dan museumnya keburu mau tutup. Yaa, yang penting udah masuk dan lihat-lihat lah yaa. hehe
- Seperti biasa abis itu kita galau mau kemana dan akhirnya ke picadilly circus. Kita lihat-lihat ke beberapa toko yang ada disitu dan belanja di Boots karena Bootsnya gede banget yang ada di picadilly. 
- Lanjut ke Oxford Street lagi, karena ada yang perlu saya beli lagi di Selfridges (titipan skincare teman), terus lihat sepatu di Schuh. Suami beli sepatu, saya beli boots, karena ternyata high sneakers saya masih gak ampuh buat winter di London. Abis itu lanjut ke primark lagi. haha

DAY 6 (Pindah Hotel ke Z Victoria - Trafalgar Square&National History - St. Paul Cathedral - British Museum - Carnaby Street/Liberty/John Lewis Dept Store - Oxford Street/Primark)


- Pagi-pagi kita sudah menuju ke Z Hotel Victoria. Karena belum bisa check in jadi cuma tinggalin koper-koper di concierge dan lanjut jalan-jalan.
- Tujuan pertama ke Trafalgar Square dan National Gallery. Kita gak masuk, cuma foto di luar. Plus diluar banyak art performance, macem-macem. Seru liatnya.
- Abis itu lanjut ke St. Paul Cathedral yang lagi-lagi cuma foto dari luar aja. hehe. Dan pas lagi jalan disekitar gerejanya kita malah nemu London Stock Exchange. Berhubung suami kerja di gedung Indonesian Stock Exchange, jadi ya excited mau lihat gedung stock exchange sana. hehe. 
- Lanjut ke British Museum. Berhubung udah kesorean dan mau tutup juga, jadi tujuan kita kesana adalah mau lihat mummy. Jadi ya lihat-lihat cepat, dan langsung ke lantai 3 tempat mummy berada. haha
- Tujuan berikutnya adalah Carnaby Street karena saya mau belanja skincare lagi, terutama di Liberty dan Pixi yang ada di daerah sana. Ternyata Pixi lagi renovasi dan lagi pindah store ke Neal Street. Jadilah saya cuma ke Liberty. Sebenarnya Liberty besar banget, tapi tujuan sama cuma ke bagian beauty dan beli aurelia. haha. Tadinya mau ke Space nk, tapi ternyata space nk disekitar situ sudah tutup jam7 dan saat itu sudah jam8, akhirnya kami menuju ke John Lewis Department Store karena ada skincare titipan yang mau saya cari juga disana. Sayangnya barang yang saya cari lagi tidak ada stocknya. Jadi lagi-lagi kami memutuskan lihat-lihat souvenir ala london di toko souvenir di Oxford Street dan lanjut ke Primark berhubung masih jam9 malam dan primark tutupnya jam10.
- Balik ke hotel dan alhamdulillah kamarnya di upgrade. Padahal tadinya udah mikir ini koper-koper bakal ditaro dimana karena dari review-review pada bilangnya walaupun bagus tapi kamarnya kecil banget. Alhamdulillah rejeki :)

DAY 7 ( Stonehenge - Bath - Harvey Nichols Knightbridge - Oxford Street)


- Berhubung di Day5 kami ketinggalan tour, jadi tournya berbaik hati menawarkan ganti di day 7 ini. Jadilah dari pagi kami sudah menuju Stonehenge dan Bath. Dan menurut saya stonehenge agak gak penting, cuma lihat batu, tapi bath cantiiiikk banget kotanya.
- Kami sampai di London sekitar jam setengah 8 dan tujuannya mesti ke space nk karena beli titipan adik saya, karena takut besok-besok gak nemu lagi space nk. Setelah googling ternyata di harvey nichols knightbridge ada space nk yang buka sampai jam8. Jadilah kami kesana khusus beli titipan adik saya. 
- Lalu lanjut ke Primark lagi, rencananya mau urus tax refund, karena kalau di Primark urus tax refundnya cuma bisa sekali, jadi kalau udah gak berencana belanja di Primark lagi baru urus. Tapi ternyata karena keasikan liat-liat dan belanja (ada aja yang kurang emang kalau beli oleh-oleh), bayarnya mepet sama toko tutup jadi bagian customer service tax refundnya sudah tutup dan terpaksa kita harus balik lagi besok. haha

DAY 8 (Wembley Stadion Tour - Baker Street/Sherlock Holmes - Stamford Bridge/Nonton Chelsea vs Newcastle - Oxford Street/primark)


- Hari ini adalah hari yang dinanti-nanti sama suami karena paginya kita ikut Wembley Stadion Tour. Wembley adalah stadion terbesar di UK dan yang kedua terbesar di Eropa.
- Abis itu lanjut ke Baker Street karena saya mau lihat "rumah" atau museum Sherlock Holmes. Berhubung masuknya antri banget, dan katanya biasa aja, plus tiket masuknya lumayan mahal, kami pun cuma foto-foto diluar dan lihat-lihat shop-nya. Lagipula ada pertandingan chelsea vs newcastle yang harus dikejar. haha
- Karena di Wembley dan Sherlock kami beli beberapa souvenir yang repot untuk dibawa-bawa nonton bola, kami pun memutuskan balik sebentar ke hotel untuk taro barang karena hotelnya dekat banget dengan Victoria Station.
- Pertandingan dimulai jam 5.30 sore, tapi jam3 sore kami sudah ada di Stamford Bridge karena harus tukar tiket dan sekalian cari makan dulu.
- Kelar nonton bola, tujuan kami adalah lagi-lagi Primark di Oxford Street (sebenarnya primark ada di banyak tempat, tapi ntah kenapa kami selalu ke oxford street). Kali ini tujuannya benar-benar mau urus tax refund. Ya tetap sih ada tambahan yang dibeli :p. haha
- Balik ke hotel 

DAY 9 (Emirates Stadion/Arsenal - Boleyn Stadion/West Ham United - Covent Garden/Neal Street)


- Hari terakhir di London tujuan pertama adalah ke Emirates Stadion yang merupakan stadionnya Arsenal. Pas banget hari itu ada big match Arsenal vs Leicester City. Tapi tujuan kami ke stadion adalah mau foto, lihat-lihat, dan ke storenya beli oleh-oleh buat adik sepupu saya yang pecinta Arsenal.
- Dari Arsenal lanjut ke Boleyn Stadion, markasnya West Ham United. Tujuannya ya buat lihat stadion dan beli jersey West Ham buat adik ipar. Dan ternyata di daerah West Ham United ini banyak orang muslim dan tempat makanan halal. Saya pun sempat lihat ada 2 mesjid yang bentuknya seperti rumah. 
- Kelar urusan stadion-stadion, saatnya saya belanja untuk terakhir kalinya di daerah Covent Garden. Tujuan utama saya ke Pixi Pop Up store yang ada di neal street sama ke Neal's Yard Remedies. Abis itu kita jalan-jalan aja di sekitar Covent Garden yang enak banget tempatnya sampai semua toko-toko pada tutup baru memutuskan untuk pulang, packing buat balik ke jakarta.


DAY 10 (Gatwick Airport - Soekarno Hatta Airport)
- Pagi-pagi sudah check out dan langsung menuju Gatwick. Kami ke airport naik kereta dari Victoria Station yang lokasinya dekat banget dengan hotel.

Asli deh buat saya 9 hari di London rasanya sebentar banget, gak berasa. Banyak tempat yang belum puas dikunjungi dan tentunya belum puas belanja skincare. haha. Mudah-mudahan ada rejeki untuk balik lagi ke London. Aamiin

Setelah baca rekap #dnflondonescape2016 ini kira-kira bagian mana yang kalian pengen tau lebih banyak? Biar saya ada bayangan gitu kira-kira mau nulis tentang apa dulu tentang London Escape ini. hehe

***

Beberapa postingan tentang London yang sudah pernah saya share di Mrsdelonika blog, yaitu tentang Harry Potter Tour, tempat belanja skincare di London, dan London beauty haul.

No comments :

Post a Comment

Back to Top