Thursday, February 15, 2018

Makanan Halal di Kyoto, Jepang

Masih lanjut postingan tentang Jepang karena masih sebanyak itu yang belum di share. Semoga gak pada bosan yaah. hehe.  Kalau sebelumnya saya sudah bahas tentang makanan halal di Osaka, kali ini saya mau bahas yang ada di Kyoto. Jujur aja, pas di Osaka kami tidak terlalu eksplor kotanya, hanya ke Dotonburi dan Universal Studio Jepang. Makanya makanan halal yang dicoba di Osaka sedikit sekali. hehe

Sedangkan pas di Kyoto, kami terbantu karena saya dan suami sempat bertemu sebentar dengan Imbang dan keluarganya. Imbang adalah salah satu teman saya yang sudah cukup lama tinggal di Jepang, karena suaminya sedang kuliah lagi di Jepang. Jadi, saya dapat masukan tentang makanan halal di Kyoto dari Imbang, terutama tentang ramen halal. haha. Soalnya setiap jalan-jalan ke luar biasanya kalau cari makanan halal, gak jauh-jauh dari kebab dan curry. Jadi, di Jepang emang pengennya cobain ramen

Sebenarnya Imbang rekomendasiin Ayam-ya ramen yang lokasinya dekat dengan stasiun Kyoto. Tapi sayangnya pas saya lagi di Kyoto, Ayam-ya sedang tutup. lupa banget saat itu tutupnya karena apa. Yang jelas 2 hari di Kyoto kami gak sempat cobain Ayam-ya. Tapi kami tetap makan ramen di Kyoto.

Selama di Kyoto kami cuma mencoba 2 tempat makanan halal yang lokasinya sebelahan. Walaupun di Kyoto nginepnya 3hari 2 malam, tapi sebenarnya full daynya cuma 1 hari. Soalnya kami sampai sudah sore ke malam dan hari ke 3 di Kyoto, pagi-pagi banget udah naik kereta menuju kota berikutnya. hehe

Halal Yakiniku Gion Naritaya

Karena sampai di Kyoto udah sore dan kita check in dulu di Ebisu Ryokan untuk taro-taro koper, jadi baru sekitar jam7-setengah8an waktu Jepang mulai cari makan. Katanya Imbang, di Gion ada ramen dan yakiniku halal. Jadinya kami naik bis dari Kyoto Stasiun bus ke daerah Gion. Sayangnya sampai Gion, tempat ramennya udah tutup (katanya malah dari sebelum jam6 sore udah sold out ramennya). Alhamdulillah persisi disebelahnya ada halal yakiniku yang masih buka. Yakiniku dan ramen ini yang punya sama sih, makanya namanya sama-sama "Naritaya". Kami pelanggan terakhir malam itu. Jadi pas banget datangnya sebelum tutup. hehe

Harus diperhatiin banget jam buka tutupnya, karena di sore hari mereka biasanya tutup 2 jam, jadi bukanya cuma untuk jam makan siang dan jam makan malam.

Kami pesan menu daging yang dipanggang, lupa sih pesannya yang mana, tapi kayaknya pesan yang set deh. Plus karena laper kami pesan beef bowl juga. Alhamdulillah kenyang. Makanannya juga enak menurut saya. Kalau sudah di negara orang, ketemu makanan halal pasti happy ya. haha

Gion Naritaya Ramen

Karena emang penasaran banget sama ramen, jadi hari ke 2 kami bela-belain ke Gion Naritaya untuk makan ramen. Kami datang pas makan siang. Tentunya pesan ramen. Ada beberapa pilihan kuah ramen, tapi saya lupa kami pesannya yang mana. Kayaknya sih spicy miso ramen. Jujur, kalau ditanya sekarang lupa rasanya gimana. Tapi dulu sih berasa enak-enak aja.  Apalagi makannya pas lagi winter yang dingin. haha

Tempatnya kecil tapi bersih banget. Ada pilihan tempat duduk biasa dan ada yang lesehan. Selain itu, di resto ini juga ada tempat shalatnya. Tapi kami gak cobain tempat shalatnya karena udah shalat duluan di tempat lain. Dan gak ngecek juga gimana ruang shalatnya. hehe

Karena tau buat malam akan susah cari makanan halal lagi, kami pun memutuskan untuk bungkus ayam goreng. Dan ini keputusan yang tepat, walaupun kurang banyak bungkusnya. haha

So far, happy sih di Kyoto bisa cobain makanan yang bisa dibilang khas Jepang. Rasanya juga enak dan yang penting sudah jelas kehalalannya. Sebenarnya selain 2 resto yang kami kunjungi, ada beberapa tempat makan halal lagi di Kyoto. Listnya bisa di lihat disini atau bisa download Kyoto Map for Muslim dari webnya halal media Japan untuk lihat tempat wisata, mesjid, dan lain-lain di  Kyoto.